Empty Hospital Bed in a Ward


Sarana fisik untuk instalasi pencucian mempunyai persyaratan tersendiri, terutama untuk pemasangan peralatan pencucian yang baru. Sebelum pemasangan, data lengkap SPA (sarana, prasarana, alat) diperlukan untuk memudahkan koordinasi dan jejaring selama pengoperasiannya. Tata letak dan hubungan antar ruangan memerlukanperencanaan tekhnik yang matang, untuk memudahkan penginstalasian termasuk instalasi listrik, uap, air panas dan penunjang lainnya, misalnya medekatkan power house dengan steam boiler dan penunjang lainnya. Sarana fisik instalasi pencucian terdiri beberapa ruang antara lain :

    1. Ruang penerimaan linen
      Ruang ini memuat :

      1. Meja penerima yaitu untuk linen yang terinfeksi dan tidak terinfeksi. Linen yang diterima harus sudah terpisah, kantung warna kuning untuk yang terinfeksi dan kantung warna putih untuk yang tidak terinfeksi.
      2. Timbangan duduk
      3. Ruang yang cukup untuk troli pembawa linen kotor untuk dilakukan desinfeksi sesuai standart sanitari rumah sakit.

      Sirkulasi udara perlu diperhatikan dengan memasang fan atau exhaust fan dan penerangan minimal kategori pencahayaan C = 100 – 200 Lux sesuai pedoman pencahayaan rumah sakit.

    2. Ruang pemisah linen
      Ruang ini memuat meja panjang untuk mensortir jenis linen yang tidak terinfeksi Sirkulasi udara perlu diperhatikan dengan memasang fan atau exhaust fan dan penerangan minimal kategori pencahayaan D = 200 – 500 Lux sesuai pedoman pencahayaan rumah sakit,lantai dalam ruang ini tidak boleh dari bahan yang licin.
    3. Ruang pencucian dan pengeringan linen
      Ruang ini memuat :
      – Mesin Cuci
      – Mesin PengeringBagi rumah sakit kelas C dan D yang belum memiliki mesin pencuci harus disiapkan :
      – Bak pencuci yang terbagi tiga yaitu bak untuk perendam non infeksius, bak infeksius dengan desinfektan, dan bak untuk pembilas.
      – Disiapkan instalasi air bersih dengan drainasenya.Lantai dalam ruang ini tidak dibuat dari bahan yang licin dan diperhtikan kemiringannya.

      Jika rumah sakit sudah menggunakan mesin pencuci otomatis maka daya listrik yang diperlukan antara 4,8 – 5 Kva. Petunjuk penggunaan mesin pencuci harus selalu berada dekat mesin cuci tersebut agar petugas operator selalu bekerja sesuai prosedur.

      Sirkulasi udara perlu diperhatikan dengan memasang exhaust fan dan penerangan minimal kategori pencahayaan C = 100 – 200 Lux sesuai pedoman pencahayaan rumah sakit.

    4. Ruang penyetrikaan linen
      Ruang ini memuat :
      – Penyetrikaan linen menggunakan Flatwork Ironers, pressing ironer yang membutuhkan tenaga listrik sekitar 3,8 Kva – 4 Kva per alat atau jenis yang menggunakan uap dari boiler dengan tekanan kerja uap sekitar 5 Kg/cm2 dan tenaga listrik seitar 1 Kva per unit alat.
      – Alat setrika biasa yang menggunakan listrik sekitar 200 Kva per alat.

      Sirkulasi udara perlu diperhatikan dengan memasang fan dan exhoust fan untuk penerangan minimal kategori pencahayaan D = 200 – 500 Lux sesuai pedoman pencahayaan rumah sakit.

    5. Ruang penyimpanan linen
      Ruang ini memuat :
      – Lemari dan untuk menyimpanan linen
      – Meja administrasi

      Ruang ini bebas dari debu dan pintu selalu tertutup.

      Sirkulasi udara diperhatahankan tetap baik dengan memasang fan/exhoust fan dan penerangan minimal kategori pencahayaan D = 200 – 500 Lux sesuai pedoman pencahayaan rumah sakit, suhu 22 – 27oC dan kelembaban 45 – 75% RH.

    6. Ruang distribusi linen
      Ruang ini memuat :
      – Meja panjang untuk penyerahan linen bersih kepada pengguna.

      Sirkulasi udara perlu diperhatikan dengan memasang fan dan penerangan minimal kategori pencahayaan C = 100 – 200 Lux sesuai pedoman pencahayaan rumah sakit.

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *